Cara Akurat Memilih Papan Gypsum Berkualitas

Papan gypsum tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda sekalian. Sebagai material bangunan, papan gipsum memang bukanlah “barang baru”, sejak dulu material ini dikenal sebagai material subtitusi menggantikan dinding konvensional yang umumnya terbuat dari bata merah ataupun beton ringan. Bobotnya yang ringan, fleksibel, tahan terhadap api dan suhu lembab serta pemasangannya yang cepat membuat material ini menjadi ‘primadona’ di industri bahan bangunan. Selain itu gypsum juga mudah ditemukan di mana saja hingga pelosok desa sekalipun sehingga semua orang bisa memakainya tanpa takut kekurangan bahan.

Cara Akurat Memilih Papan Gypsum Berkualitas

Dengan banyaknya permintaan, makanya tidak mengherankan jika saat ini banyak brand papan gypsum beredar dipasaran Indonesia. Mereka seolah berlomba-lomba merebut minat masyarakat dengan tampilan dan kualitas gipsum yang terbaik. Nah, agar Anda tak terkecoh, ada trik memilih papan gipsum yang berkualitas.

Permukaan rata
Pastikan permukaan papan gipsum yang Anda pilih rata, lurus dan tidak bergelombang. Misalnya saat dipasang dalam posisi horizontal sebagai plafon tidak ada lendutan kecil di permukaannya. Idealnya, nilai kelendutan tidak melebihi 2,0 mm per batang 600 mm. Sayangnya, untuk memastikannya masih dibutuhkan pengujian secara khusus.

Ringan
Idealnya, papan gipsum setebal 9 mm berbobot tidak lebih dari 15 kg. Sebab bobot yang ringan memberi kemudahan pada saat proses pemindahan dan instalasi di lapangan.

Kuat
Beli lah papan gypsum yang tidak mudah patah, untuk mendeteksi hal tersebut sebenarnya cukup mudah, Anda hanya mengangkat papan gypsum, jika diangkat terasa rapuh tidak solid maka papan gypsum tersebut mudah patah.

Permukaan mulus
Pastikan permukaan papan gipsum bebas dari segala bentuk cacat, seperti retak atau gumpalan. Kondisi permukaan papan gipsum yang rata dan mulus berpengaruh terhadap kualitas material sehingga kuat dan tahan lama. 

Memiliki kualitas kertas yang bagus
Papan gypsum biasanya terbuat dari inti gypsum yang terbungkus dalam kertas pelapis, untuk itu pilihlah gypsum yang memiliki daya rekat kertas pelapis tidak mudah terkelupas bila disobek. Selain itu, pilihlah gypsum yang memiliki kualitas kertas yang bagus, karena jika kertasnya kurang bagus akan cepat menyerap kertas, mudah menjamur, menggelembung dan cepat bolong.

0 Response to "Cara Akurat Memilih Papan Gypsum Berkualitas"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *