10 Manfaat Tanaman Indoor Bagi Rumah Kita

Ketika kita berbicara mengenai dekorasi interior rumah, tentu akan bermunculan banyak opsi dibenak kita dalam mencapai tujuan dekorasi tersebut. Bisa dengan mengecat ulang dinding ruangan, menambahkan hiasan, mengatur ulang tatanan furnitur dan lain sebagainya. Namun ada satu hal penting yang sering kita lupakan dalam upaya dekorasi interior rumah yaitu menambahkan tanaman kedalamnya. Ya, banyak orang sering mengabaikan betapa pentingnya tanaman bagi interior rumah.

Seringkali kita ragu-ragu untuk menambahkan tanaman kedalam interior rumah. Tak lain karena tanaman indoor akan membutuhkan perawatan khusus. Selain itu, terkadang sebagian orang merasa kebingungan didalam memilih tanaman indoor yang cocok untuk interior rumahnya. Jika Anda masih kesulitan dalam memilih tanaman mana yang cocok, silahkan simak ulasan mstudiosolo sebelumnya mengenai 10 tanaman pembersih udara rumah. Apabila masih kurang memadai silahkan Anda searching di google karena sudah banyak mediaonline yang membahasnya. Namun apakah Anda tahu bahwa selain untuk estetika, ada alasan lain yang lebih penting mengapa perlu meletakkan tanaman di dalam rumah Anda? Untuk itu, mari kita simak 10 manfaat tanaman indoor bagi rumah kita yang berikut ini.

10 Manfaat Tanaman Indoor Bagi Rumah Kita

1. Udara jadi segar karena oksigen melimpah
Kita semua tahu bahwa manusia membutuhkan oksigen untuk bernafas serta melepaskan karbon dioksida ke udara dalam proses tersebut. Ketika tanaman melakukan fotosintesis, mereka menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Oleh karena itu, tanaman dan manusia akan saling membutuhkan dalam hal ini. Ini berarti bahwa ada peningkatan kadar oksigen di rumah Anda ketika ada tanaman di dalamnya. Hanya saja saat malam tiba, tanaman akan melepaskan karbon dioksida dan menyerap oksigen itulah mengapa sebagian orang akan menempatkan tanaman di luar rumah ketika malam hari tiba. Tapi ada tanaman yang masih melepaskan oksigen pada malam hari seperti anggrek, succulents dan bromeliad epifit. Tempatkan tanaman tersebut di kamar tidur dan Anda akan merasa segar saat tidur.

2. Menetralisir racun dan polutan
Di era modern seperti saat ini, tanpa kita sadari banyak sekali polutan yang mencemari udara dalam rumah yang mungkin berbahaya bagi kesehatan kita. Dengan menambahkan tanaman kedalam rumah akan membantu mengurangi gas berbahaya menyebar keseluruh ruangan rumah. NASA mengatakan bahwa tanaman hias dapat menghilangkan 87% racun dari udara. Ini termasuk gas seperti formalin dari dalam asap rokok, karpet, tas belanja, dan vinil. Serta gas Benzena dan trichloroethylene yang ditemukan dalam serat buatan, pelarut, wastafel, dan cat. Tanaman akan menyerap gas-gas beracun dan menarik polutan tersebut ke dalam tanah.

3. Mengurangi stres
Sebagian besar dari kita akan merasa lebih mudah untuk mengatasi stres ketika berada disekitar lingkungan alam yang asri. Sebenarnya Anda pun dapat menciptakan lingkungan alam yang asri didalam rumah dengan cara menambahkan tanaman kedalamnya. Tanaman tersebut dapat membuat kita merasa nyaman dan bahkan akan mempengaruhi kita untuk merasa positif. Bayangkan sebuah ruangan tanpa tanaman dan ruangan dengan tanaman hijau didalamnya, Anda pasti dapat membandingkan perbedaan atmosfer atau suasana ruang yang mencolok didalamnya.

4. Kondisi kesehatan jadi lebih baik
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman dapat menenangkan detak jantung dan tekanan darah. Tanaman juga dapat mengurangi ketegangan otot yang berhubungan dengan stres. Selain itu tanaman juga bisa menurunkan sakit kepala, kelelahan, sakit tenggorokan, pilek, batuk, dan gejala seperti flu. Ini jelas memiliki dampak yang besar untuk meningkatkan kesehatan kita!

5. Menjaga kelembaban udara
Tanaman melepaskan uap air sebagai bagian dari proses fotosintesis serta proses pernapasan nya, sehingga dapat menjaga kelembaban udara dalam ruang rumah Anda. Karena pada dasarnya tanaman akan melepas sekitar 97 persen air dari yang mereka serap. Maka dari itu jangan sampai ruangan rumah Anda menjadi terlalu lembah akibat terlalu banyak tanaman didalamnya mengingat iklim di Indonesia yang tergolong tropis lembab.

6. Mempertajam fokus dan kreativitas
Studi menunjukkan bahwa ketika tanaman ditempatkan dalam ruangan, baik itu diletakkan didalam sebuah kantor, ruang kelas atau di ruang kerja, setelah dilakukan pengamatan ternyata ada peningkatan dalam hal produktivitas sebagai akibat dari mampu untuk fokus pada pekerjaan. Selain itu, orang juga cenderung lebih kreatif dengan adanya tanaman hijau.

7. Mengurangi kebisingan
Salah satu manfaat yang kurang familiar dari tanaman adalah bahwa tanaman mampu mengurangi polusi suara. Ini pada dasarnya terjadi karena pada batang, daun, cabang, kayu, dan bagian lain tanaman dapat menyerap suara. Walaupun hal ini biasanya hanya diterapkan pada eksterior rumah, namun bukan berarti tidak bisa diterapkan pada interior rumah Anda.

8. Meningkatkan mood
Sebuah rumah dengan tanaman didalamnya akan cenderung membuat penghuninya lebih bahagia dengan lebih sedikit stres dan kelelahan. Nah, kita bisa tahu dari manfaat yang telah disebutkan pada poin 3 di atas bahwa dengan lingkungan alam yang asri, dapat membuat orang merasa tenang, senang dan ceria. Cukup dengan meletakkan tanaman hijau dalam ruangan rumah sudah dapat meningkatkan mood Anda kearah yang lebih baik.

9. Melembutkan tampilan
Ketika kita berbicara tentang ruang interior, menambahkan tanaman membuat kontras dengan permukaan keras. Itu sebabnya desainer interior akan menempatkan tanaman di dekat dinding batu bata atau sudut tajam. Sehingga membuat daerah tersebut terlihat lebih lembut dan berdampak pada ruangan secara keseluruhan yang terasa lebih tenang, nyaman dan asri.

10. Menambah estetika
Yah, kita semua akan setuju dengan hal ini karena kita dapat melihat dengan jelas bagaimana tanaman dapat meningkatkan daya tarik interior rumah. Dan tetaplah kreatif dalam memilih tanaman baik dari segi ukuran, warna, bau serta tampilannya secara keseluruhan sehingga mampu meningkatkan nilai estetis interior rumah Anda. Perhatikan pula skala ruang rumah Anda sehingga tanaman indoor yang dipilih benar-benar tepat.

0 Response to "10 Manfaat Tanaman Indoor Bagi Rumah Kita"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *