Cara Simpel Bikin Material Semen Ekspos Terlihat Lebih Menarik

Akhir-akhir ini ada tren dekorasi yang lagi digandrungi oleh masyarakat luas yaitu material "unfinished" semen atau beton ekspos yang diaplikasikan pada interior ruangan atau sering disebut dengan gaya industrial. Coba saja tengok sejumlah restoran, kafe, salon dan bahkan gaya desain hunian masa kini sebagian besar menampilkan semen ekspos pada bidang-bidang arsitektur seperti dinding, lantai dan plafon. Jika sistem bangunan pada kebanyakan gaya interior disamarkan, gaya industrial justru mengekspos rangka bangunan, saluran angin, tiang-tiang penyangga, hingga dinding yang dibiarkan seolah belum selesai.

Cara Simpel Bikin Material Semen Ekspos Terlihat Lebih Menarik

Kata "unfinished" sebenarnya hanyalah sebuah istilah, tidak benar-benar belum selesai. Sebab jika diperhatikan lebih detil, bidang unfinished tersebut sudah diberi sentuhan akhir berupa pelapis atau cairan khusus (coating) yang membuatnya tahan lama dan mudah dibersihkan. Dinding, lantai atau plafon semen ekspos ini akan terlihat indah jika menggunakan teknik dan dekorasi yang tepat. Ada 3 teknik finishing yang bisa Anda gunakan, yakni teknik Seamless Concrete, teknik Faux Concrete, dan teknik Polished Concrete. Teknik terakhir, yaitu polished concreate merupakan tampilan unfinished yang paling banyak digemari. Sebab tekstur dan warnanya paling lembut, halus dan mudah dikombinasikan dengan gaya interior lainnya.

Selain teknik, dekorasi juga tak kalah penting. Material unfinished ini akan terlihat ‘menonjol’ jika dipadukan dengan warna dan elemen tertentu. Misalnya warna, karena warna dari material unfinished ini berwarna abu-abu, maka padukan dengan warna-warna cerah seperti kuning atau merah pada elemen interior yang lain seperti cermin, frame foto, armatur lampu atau bahkan finishing furnitur. Namun, usahakan penggunaan warna-warna cerah tersebut tidak terlalu berlebihan agar palet warna dasar dalam konsep gaya industrial yaitu abu-abu (semen), hitam (besi), dan cokelat (kayu) tetap mendominasi dalam ruangan.
 
Agar lebih tahan terhadap kelembapan dan cuaca ekstrem, pengaplikasian semen ekspos juga hendaknya diberi coating. Aplikasi semen ekspos pada sebuah bangunan tidak selalu harus diterapkan sekaligus pada dinding dan lantai. Dinding semen ekspos sebagai accent wall pada satu sisi ruangan juga merupakan alternatif yang menarik. Penggunaan parket kayu pada lantai, juga cocok untuk dipadukan dengan dinding semen ekspos.

0 Response to "Cara Simpel Bikin Material Semen Ekspos Terlihat Lebih Menarik"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *