Desain Interior Gaya Rustic

Desain interior gaya rustic adalah suatu konsep desain interior yang menitik beratkan pada kesan alami dan diwujudkan dalam penggunaan material non fabrikasi bahkan tanpa finishing  seperti kayu, bambu batu, logam dll. Gaya rustic seolah menghadirkan suasana alam masuk ke dalam ruangan, misalnya dengan penggunaan material kayu yang seolah-olah di bawa langsung dari alam kedalam ruangan. Tekstur kayu yang masih terlihat dan terasa kasar dengan warna coklat alaminya mampu membawa suasana hutan hadir ke dalam ruangan.
Desain Interior Gaya Rustic
ilustrasi oleh tgharchitects
Gaya rustic sebagai gaya desain interior pedesaan yang menggambarkan berbagai variasinya dengan penekanan pada alam dan unsur natural. Gaya rustic ini berbasis pada kesadaran terhadap lingkungan dengan menggunakan bahan-bahan material dari alam yang dapat diolah dengan metode 3R (reduce, reuse dan recycle) seperti kayu, bambu, bebatuan dan sebagainya. Pada gaya rustic, biasanya material tersebut tidak diberikan sentuhan akhir atau finishing sehingga terkesan apa adanya sesuai dengan krakter asli material tersebut. Misalnya saja bata yang diekspose, tempelan batu alam dan struktur atap dengan material kayu yang dibiarkan seperti aslinya.
 
Desain interior gaya rustic memiliki kelebihan dalam hal meminimalkan penggunaan bahan finishing sehingga sangat mengandalkan kualitas material produknya. Karena jarang menggunakan finishing, gaya rustic lebih ramah lingkungan pada tahap pemrosesan. Mengingat seringkali bahan-bahan yang digunakan pada tahap finishing mengandung material berbahaya atau beracun sehingga berdampak buruk bagi lingkungan.
 
Gaya rustic selain memliki kelebihan juga memiliki kekurangan dalam hal proses pemilihan materialnya. Pemilihan kualitas material yang tidak maksimal seperti menggunakan kayu muda atau batu bata kualitas jelek akan ikut berdampak pada tampilan interior yang tidak maksimal.

0 Response to "Desain Interior Gaya Rustic"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *